Rabu, 04 Januari 2012

TERBENTUKNYA TUMBUH KARANG


 
Apakah kalian pernak melihat taman laut ? datanglah ke Pulau Seribu. Pulau Seribu terletak dibagian utara Provinsi DKI Jakarta. Selain di Pulau Seribu, kita juga dapat menikmati indahnya taman laut diberbagai wilayah di Indonesia, seperti di Bali, Teluk Bunaken di Sulawesi, dan Teluk Ambon. 

Di taman laut kita bias melihat keindahan keragaman tumbuh karang. Terumbu karang adalah batuan keras berlubang – lubang dan bentuknya mirip bunga. Terumbu karang terbentuk dari kegiatan hewan maupun tumbuhan laut tertentu. Mereka membentuk terumbu karang dari garam kalsium yang larut dalam  air laut. Hewan utama pembentuk terumbu karang adalah jenis ikan berongga. 

Proses pembentukan terumbu karang ini membutuhkan waktu selama ribuan tahun. Terumbu karang yang ada di Indonesia saat ini sudah terbentuk sejak 450 juta tahun yang lalu. 

Terumbu karang umumnya terdapat diperairan yang dangkal dan jernih serta bersuhu hangat, anatara 21o – 31o Celsius. Terumbu karang hidup dengan baik diperairan yang jernih karena cahaya matahari dapat menembus hingga dasar perairan. Sinar matahari diperlukan untuk proses fotosintesis. Proses fotosintesis adalah proses pembentukan zat-zat makanan oleh tumbuhan. Dengan batuan sinar matahari, tumbuhan-tumbuhan laut yang berada di terumbu karang dapat membuat makanannya sendiri. 

Ada bebarapa tipe terumbu karang, yaitu : fringing reef, barrier dan coral atoll. Fringing reef adalah terumbu karang yang tumbuh di sepanjang pantai. Barrier reef adalah terumbu karang yang tumbuh sejajar dengan pantai tetapi agak lebih jauh dari pantai. Coral atoll adalah terumbu karang yang menyerupai cincin di sekitar pulau vulkanik.


Referensi : Buku PLBJ Penerbit Erlangga   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar