Becak (dari bahasa
Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda
tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas
normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di Indonesia ada
dua jenis becak yang lazim digunakan:
* Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
* Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
1. Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
2. Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
* Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
* Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
1. Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
2. Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Becak
merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi
udara (kecuali becak bermotor tentunya). Selain itu, becak tidak menyebabkan
kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis-turis
mancanegara. Meskipun begitu, kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu
lalu lintas karena kecepatannya yang lamban dibandingkan dengan mobil maupun
sepeda motor. Selain itu, ada yang menganggap bahwa becak tidak nyaman dilihat,
mungkin karena bentuknya yang kurang modern. Satu-satunya kota di Indonesia
yang secara resmi melarang keberadaan becak adalah Jakarta. Becak dilarang di
Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah
bahwa becak adalah "eksploitasi manusia atas manusia". Penggantinya
adalah, ojek, bajaj dan Kancil. Selain di Indonesia, becak juga masih dapat
ditemukan di negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kuba. Di
Singapura, becak kini hanyalah sebuah alat transportasi wisata saja.
Untuk
meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor
dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunaan gigi
percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern sehingga bisa
melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta
pengemudinya berada di depan ruang penumpang.
Referensi:http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2011/01/asal-usul-sejarah-becak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar