Minggu, 31 Oktober 2010

BAAK ONLINE


Saya ingin memberi info tentang salah satu layanan berbasis Online yang ada di Gunadarma University. Layanan ini bernama BAAK Online. 

Pengertian BAAK Online
Situs Biro Admistrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) http://baak.gunadarma.ac.id sebagai suatu informasi layaknya majalah dinding online bagi mahasiswa dan juga staff UG. Informasi tersebut meliputi : (1) Kalendar Akademik yang dapat didownload oleh mahasiswa; (2) Daftar Kuliah yang dapat dicari berdasarkan kelas ataupun nama dosen; (3) Daftar Ujian baik Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir dan Ujian Utama; (4) Daftar MaraKUliah per program studi yang dapat didownload oleh mahasiswa; (5) Pengurusan ujian Bentrok yang dapat dilakukan secara online; (6) Informasi Cuti Akademik; (7) Informasi Transfer dari D3 ke S1; (8) NEWS dari BAAK yang selalu ter-update karena dikelola langsung oleh bagian BAAK.
Pada situs ini juga disediakan kontak yang dapat dilakukan oleh mahasiswa khususnya untuk menanyakan hal-hal terkait Administrasi Akademik. Kontak ini langsung dikelola oleh Bagian BAAK. Pengembangan terus dilakukan antara lain informasi untuk jadwal mengawas bagi dosen, selain informasi tersebut nantinya langsung masuk ke dalam locker dosen pada staffsite juga ditampilkan pada situs BAAK. Berikut ini adalah halaman awal situs BAAK

Lokasi BAAK
Kampus D gedung 4 lantai 1 Margonda, Depok
Kampus J Kalimalang, Bekasi

BAAK Online manfaat
v Didalam situs BAAK Online terdapat Kalender Akademik, sehingga kita semua para Mahasiswa Gunadarma University dapat melihat jadwal jadwal akademik. Dan tentu saja juga jadwal liburnya.
v Terdapat layanan untuk mencari nama Mahasiswa Baru dan juga daftar Kelas
v Terdapat Berita BAAK atau sering disebut kalangan banyak BAAK NEWS
v Dan juga terdapat fasilitas pencarian data berdasarkan yang dimiliki oleh BAAK

Manfaatkan sistem online fasilitas layanan dari BAAK.
v Interaktif
v Segala pertanyaan akan segera dijawab langsung oleh team BAAK.
v Real-time
v Fasilitas online memungkinkan jawaban langsung dapat dilihat atau melalui email

Fitur yg terdapat di Baak Gunadarma antar lain :
  • Home
home adalah tampilan halaman awal ketika anda membuka situs Baak Gunadarma.
  • Tentang Baak (profil, struktur, dan lokasi Baak)
 Profil yang terdapat di BAAK antara lain :
  • BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  • Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  • Bagian Koordinasi Perkuliahan
  • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  • Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
  • FAQ
FAQ adalah layanan pertanyaan yg ada di Baak yg berisi : ujian susulan, tidak aktif kuliah, tentang Baak, tata tertib bagi peserta sidang Sarjana dan Diploma dsb.
  • SITUS SAP
 Situs SAP atau Satuan Acara Perkuliahan ialah yang berisi pembagian materi suatu mata kuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
  • BUKU PEDOMAN
Buku Pedoman berisi tentang pedoman-pedoman seperti :
-Pedoman penyusunan silabus
-Pedoman penyusunan SAP
-Pedoman proses belajar mengajar
-Pedoman PA&walikelas
-dsb
  • SITUS JURUSAN 
Situs jurusan terdiri dari Ilmu komputer, Ekonomi, Tekhnik Industri, Psikolog, Sastra, Diploma, Tekhnik sipil dan perencanaan.

Kelebihan dan Kekurangan BAAK Online

KELEBIAHAN
Tidak perlu repot
Dengan adanya layanan BAAK Online, para mahasiswa tidak perlu datang berdesak-desakan untuk mengantri mendapatkan informasi. Cukup sekali Klik dari Notebook/PC masing-masing mahasiswa, dan mereka dapat mendapatkan informasi yang mereka cari
Menghemat waktu
BAAK Online membantu para mahasiswa mencari informasi seputar administrasi akademik dengan cepat. Jika dibanding dengan BAAK Manual yang mencari informasi lebih lambat, BAAK Online adalah solusi yang terbaik untuk masalah ini.
  Hemat biaya & Tenaga
Dengan menggunakan layanan BAAK Online, anda tidak perlu menghabiskan biaya dan tenaga yang terlalu banyak. Pikirkan juga jika anda seorang mahasiswa Salemba. Jika ia membutuhkan informasi mengenai pengurusan cuti akademik. Maka prosedurnya harus dilihat dulu di BAAK. Jika dia harus ke BAAK, maka ia akan menghabiskan uang ataupun tenaga.
Jika ia hanya menggunakan layanan BAAK Online, maka ia hanya perlu duduk manis di depan layar Notebook/PC tanpa perlu membuang tenaga dan biaya yang terlalu mahal
 Cepat dan akurat
Pencarian dengan layanan BAAK Online mempunyai tingkat kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi. Jika anda mencari informasi secara manual dengan otomatis, maka hasil yang lebih cepat didapat adalah hasil secara otomatis. Hal ini disebabkan karena yang bertugas mencari informasi yang anda butuhkan adalah mesin. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih cepa

 KEKURANGAN
Terkadang server suka Down
Masalah seperti ini adalah masalah yang umum dan terkadang juga terjadi bukan hanya di Indonesia. Masalah ini adalah yang wajar dan masih dapat dimaklumi
Koneksi yang lambat membuat informasi yang diterima juga lambat
Masalah ini lebih menjurus kearah provider internet yang bersangkutan. Masalah ini juga bisa diakibatkan oleh server. Server yang kelebihan beban dapat membuat transfer informasi menjadi lamban.
Pemberian informasi yang diberikan terkadang kurang memuaskan
Terkadang informasi yang diberikan oleh layanan BAAK Online kurang tepat sasaran dan kurang memuaskan. Terkadang informasi yang diberikan kurang jelas sehingga ketika mahasiswa melihat informasi tersebut bukannya menjadi hilang pertanyaan dalam dirinya, malahan makin bertambah pertanyaan dalam dirinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar